Beranda > Pulau Lombok > Sejarah singkat pemuda lombok

Sejarah singkat pemuda lombok

Gambar

Kisah Singkat tentang asal muasal kata LOMBOK dan SASAKLombok, asal katanya Lomboq, yang berarti Lurus. maka jika ada orang yang menyebut Lombok adalah Cabe, jelas salah. Dalam bahasa Sasak cabe memiliki sebutan sendiri, yaitu Sebiya. Lomboq dalam arti sebenarnya adalah Lurus.

Nenek Moyang suku Sasak itu berasal dari campuran penduduk asli lombok dengan para pendatang dari jawa tengah yang terkenal dengan julukan Mataram, pada jaman raja yang bernama Rakai Pikatan dan permaisurinya Pramudhawardani.
Bergelar Raja karena bermaksud menyebarluaskan kekuasaannya di seluruh jawa, ujung barat sampai timur, walaupun melewati lautan, tujuannya untuk menyatukan seluruh wilayah nusantara,yang akan menjadi cikal bakal Negara Indonesia sekarang.
Mereka berbondong-bondong memakai sampan yang dulu disebut Sak-sak, ada yang sampai di daerah bali,daerah lombok bahkan sampai di daerah flores.
Kala itu daerah lombok belum memiliki nama. Konon, ada yang menamakannyaMeneng yang artinya sepi/diam. Ada juga yang menamakannya Selapawis.
Jadi karena moyang orang lombok pada jaman dulu berjalan dari daerah bagian baratLomboq(Lurus) sampai kearah timur terus menuju sebuah pelabuhan di ujung timur pulau,yang sekarang bernama Pelabuhan Lombok (Lombok Timur). Mereka banyak menikah dengan penduduk asli hingga memiliki anak keturunan yang menjadi raja sebuah kerajaan yang di dirikan yang bernama Kerajaan Lombok konon katanya kerajaan ini berpusat di Pelabuhan Lombok.
Setelah beranak pinak,sebagai tanda kisah perjalanan dari jawa memakai sampan (Sak-sak), mereka menamai keturunannya menjadi suku Sak-sak, yang lama-lama menjadi Sasak.
Setelah memiliki Raja, Pelabuhan/Labuan Lombok banyak didatangi para saudagar dari luar yang menjual berbagai hasil bumi seperti beras,tarum dan lain-lain.banyak dari mereka malah menginginkan untuk berkuasa di lombok. Kurang lebih 400 tahun ….
Pada jaman itu Raja Lombok yang berkuasa adalah Prabu Rangkesari, Raja Majapahit serta Patih Gajah Mada mengirim utusan yaitu para prajurit yang ingin mengadakan pertempuran.Konon yang menjadi panglima perang adalah Mpu Nala. Karena serangan yang tiba-tiba, Prabu Rangkesari akhirnya kalah kemudian tewas dalam pertempuran.Namun Putrinya yang bernama Denda Ratnasari bersama suaminya yang sebenarnya berasal dari Majapahit yang bernama Raden Mas Pahit, bias lolos menuju ke dalam hutan Watuparang.Rakyat Lombok yang terpencar dan kocar-kacir saat perang kembali membuat pemerintahan yang baru, namun posisinya tidak lagi diLabuhan Lombok, tapi di dalam hutan Watuparang membuat desa serta istana yang bernama Selaparang.

Sumber : http://lombokku.com

Kategori:Pulau Lombok
  1. 30 Januari 2015 pukul 7:40 pm

    Another thing I’ve noticed is the fact for many people, bad credit is the response to circumstances above their control. For example they may be really saddled with illness so they have high bills for collections. It may be due to a occupation loss or maybe the inability to work. Sometimes divorce can truly send the funds in the wrong direction. Thanks for sharing your opinions on this blog site.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: